Syarat Terbaru Perpanjang SKCK Online Tahun 2024

Anda perlu mengetahui apa itu SKCK Online. SKCK – “Surat Tanda Daftar Polisi”. Jadi kalau ada masalah dengan polisi, data Anda pasti ada di SKCK. SKCK ini biasanya dibutuhkan untuk bekerja, kuliah bahkan untuk membuat paspor.
Dulu, Anda harus ke kantor polisi dan mengantri panjang untuk memperbarui SKCK. Namun sekarang semuanya berbeda: Anda bisa memperbarui SKCK Online. Bagaimana cara melakukannya? Ini sangat sederhana. Ikuti instruksi di bawah ini.

Cara update SKCK secara online

Anda harus memiliki akun terlebih dahulu di website https://skck.polri.go.id/. Jika belum, daftarlah dengan memasukkan alamat email dan kata sandi yang Anda ingat. Anda kemudian akan menerima email konfirmasi untuk mengaktifkan akun Anda.

  • Jika akun Anda sudah aktif, login. Pada halaman pertama Anda akan melihat terdapat menu “Minta SKCK baru” atau “Update SKCK”. Jika ingin mengupgrade, pilih Advanced.
  • Anda kemudian akan diminta untuk memasukkan detail pribadi Anda. Anda harus memasukkan semua detail yang diperlukan mulai dari nama, alamat, tanggal lahir dan nomor ID Anda. Tambahkan ponsel dan alamat email Anda dan polisi kemudian dapat mengirimi Anda pesan secara langsung jika mereka memilikinya.
  • Setelah memasukkan informasi pribadi Anda, Anda juga akan dimintai informasi orang tua Anda. Ini sangat penting, jadi jangan diabaikan. Masukkan dengan benar untuk memastikan proses pembaruan SKCK.
  • Anda kemudian akan diminta untuk mengunggah foto. Ini juga sangat penting, jangan mengunggah foto yang sudah ketinggalan zaman atau buram. Cukup upload foto yang segar dan jelas akan meningkatkan skor SKCK Anda.
  • Selanjutnya tinggal membayar biaya perpanjangan SKCK. Harganya bervariasi tergantung luas situs. Biasanya Rp 30.000 hingga 50.000. Anda dapat membayar melalui bank atau dompet elektronik Anda di situs web.

Jika sudah membayar, harap menunggu beberapa hari hingga SKCK siap. Biasanya memakan waktu 3-7 hari kerja. Polisi kemudian akan mengirimkan email yang memberitahukan bahwa SKCK telah selesai.

Berikut petunjuk untuk membantu Anda memperbarui SKCK online


Perpanjang SKCK Online

Persyaratan perpanjang SKCK Online.

SKCK (Surat Keterangan Catatan Polisi) merupakan surat yang dikirimkan oleh pihak kepolisian untuk menegaskan bahwa seseorang tidak memiliki catatan kriminal. SKCK biasanya dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti mencari pekerjaan atau masuk universitas.

Perpanjangan SKCK memerlukan sejumlah persyaratan. sebagai berikut

1. Warga negara Indonesia

Syarat utama perpanjangan SKCK Online adalah kewarganegaraan Indonesia (WNI). Sayangnya, Anda tidak dapat mengajukan perpanjangan SKCK jika Anda bukan warga negara Indonesia.

2. Memiliki SKCK sebelumnya

Syarat lainnya adalah SKCK eks. Artinya SKCK harus dihasilkan dan mempunyai nomor SKCK. Apabila Anda belum pernah membuat SKCK sebelumnya, maka Anda harus membuat SKCK baru.

3. Perluas di suatu tempat

Syarat ketiga adalah perluasan ke lokasi yang sama dengan eks SKCK. Misalnya SKCK diproduksi di Pols A, maka SKCK di Pols A juga harus ditingkatkan. Namun jika berpindah tempat tinggal, Anda akan mendapat SKCK baru dari polsek setempat yang baru.

4. Tidak ada catatan kriminal

Syarat keempat adalah tidak ada catatan kriminal. Jika Anda memiliki catatan kriminal, kemungkinan besar permohonan perpanjangan SKCK Anda akan ditolak.

5. Lampirkan salinan ID Anda

Syarat kelima adalah menambahkan foto copy KTP seperti KTP atau Kartu Keluarga (KK). Pastikan salinan yang Anda tambahkan bersih.

6. Biaya administrasi

Syarat terakhir adalah Anda harus membayar biaya administrasi untuk perpanjangan SKCK Anda. Harap periksa sebelum memperbarui SKCK Anda karena biaya admin mungkin berbeda di setiap wilayah.

Ini merupakan perpanjangan dari SKCK yang biasanya adalah kepolisian. Pastikan Anda memenuhi semua persyaratan ini untuk persetujuan permohonan perpanjangan SKCK Anda dengan cepat dan mudah. Ingatlah untuk membawa semua dokumen yang diperlukan saat memperbarui SKCK Anda.

Bagaimana cara membuat SKCK offline?

Berikut langkah-langkah jika ingin melakukan SKCK secara offline atau live.

1: Buat dokumentasi

Langkah pertama adalah mempersiapkan dokumentasi perpanjangan SKCK.

  • KTP atau copy KTP
  • Salinan SKCK lama
  • Pas foto berwarna ukuran 4×6 cm (ukuran tergantung kebijakan masing-masing polsek).

Pastikan semua dokumen yang disiapkan memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh polisi.

2: Ayo pergi ke kantor polisi.

Setelah menyiapkan semua dokumen, langkah selanjutnya adalah pergi ke kantor polisi terdekat dan menambahkan jam tangan SKCK.

Setibanya di kantor polisi, Anda akan disambut oleh petugas pencatatan yang akan mengirimkan permohonan perpanjangan SKCK Anda yang lengkap dan benar. Kemudian menyerahkan formulir beserta dokumen yang telah disiapkan kepada Petugas Pendaftaran.

3: Proses Verifikasi

Setelah formulir dan dokumen diterima, Petugas Pendaftaran memastikan bahwa semua dokumen telah lengkap dan memenuhi persyaratan. Staf akan memberitahu Anda jika ada dokumentasi yang hilang atau tidak memadai dan SKCK akan meminta Anda untuk memperbaiki dokumentasi tersebut sebelum memperpanjang batas waktu.

 4: Bayar biaya pengelolaan

Anda akan diminta membayar biaya administrasi pemutakhiran SKCK setelah verifikasi dokumen. Biaya administrasi berbeda-beda sesuai kebijakan masing-masing kantor polisi. Pastikan Anda membayar biaya administrasi dengan benar dan mendapatkan bukti pembayaran sebagai bukti pembayaran.

5: Ekstrak data SKCK

Setelah pembayaran biaya pengelolaan, Anda akan menerima bukti pengambilan SKCK, termasuk informasi mengenai periode penagihan SKCK.

kesimpulan

Cara memperpanjang waktu SKCK secara offline dan SKCK Online dapat dilakukan di kantor polisi terdekat atau melalui ponsel Anda. Memastikan seluruh langkah diikuti dengan baik dan seluruh persyaratan dipenuhi untuk memastikan kelancaran proses perluasan SKCK.